LAMBANG DESA SUKAWATI

 

Rangkuman arti symbol – symbol berbunyi sebagai berikut :

  1. Bintang Segi Lima, Warna Kuning Lambang Kemaha-Agungan Tuhan Yang Maha Esa : Masyarakat Desa Sukawati adalah masyarakat yang percaya dan berbakti (taqwa) kepada Ida Sang Hyang Widhi / Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Sebuah Kori Agung, Warna Merah Lambang Kebesaran : Desa Sukawati pada mulanya (abad ke 18) adalah Kerajaan Besar nomor 2 di Bali (Kerajaan Besar nomor 1 adalah Kerajaan Klungkung). Kerajaan-kerajaan lain yang pernah ada terhitung kerajaan-kerajaan kecil.
  3. Seperangkat “Rebab”, Warna Coklat Lambang Kerawitan Tradisional Bali : Sukawati pernah termasyhur atas keberhasilannya menciptakan pembaharuan Legong Keraton.
  4. Padi dan Kapas, Padi Warna Kuning, Kapas Warna Putih dan Hijau Lambang Kemakmuran : Sebagaimana masyarakat lainnya, Desa Sukawati mendambakan kemakmuran yang merata. Butir Padi 17buah dan Kapas 8buah, berarti angka Proklamasi (17 Agustus 1945).
  5. Rantai Emas, Warna Kuning Emas Lambang Kesinambungan : Masyarakat Desa Sukawati berhasrat untuk mewariskan secara kesinambungan hal-hal yang positif kepada penerus.
  6. Warna Dasar Biru Langit Lambang Keluhuran : Masyarakat Desa Sukawati memiliki cita-cita yang luhur.
  7. Moto : “Tata Tentram Kerta Raharja” Secara harfiah berarti : Aman dan Bahagia, arti yang tersirat didalamnya adalah : Adil Makmur berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945.